Kemendes RI Bantu Pengembangan Lele Desa Sindanglaya Cianjur

oleh
Foto: Farhaan Muhammad Ridwan/ waktunews.com.
Subdit Sumber Daya Air Pertanahan dan Maritim pada Kemedes RI saat meninjau kolam biofloc budi daya ikan lele yang di jalankan BUMDes Sindanglaya.

CIPANAS – Kementerian Desa (Kemendes) RI Bidang Sumber Daya Air Pertanahan dan Maritim, memberikan bantuan bahan baku budidaya air tawar ikan lele dengan media bioflok ke Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas, untuk dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dijalankan Karang Taruna Unit RW 09 Sindanglaya, Jumat (9/11/2018).

Kasubdit Sumber Daya Air Pertanahan dan Maritim, Eny Kusumastuti menuturkan, bantuan ini penyaluran Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) dari Kemendes RI agar bisa meningkatkan perekonomian desa.

“Kami memberikan bantuan ini agar Pemerintah Desa Sindanglaya bisa menjalankannya besama dengan Bumdes, Karang Taruna dan warga sekitar yang memang memiliki usaha jelas,” ujarnya.

Eny menambahkan, bantuan yang diberikan berupa kolam bioflok, Becak Motor (Cator), pakan, serta benih. Dengan demikian, diharapkan nantinya bisa menciptakan lapangan kerja, serta terwujudnya Program Usaha Ekonomi Produktif (PUEP).

“Pemerintah daerah Cianjur diharapkan mendukungnya dari dari segi pengawasan, pendanaan, untuk kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan Bumdes, dalam hal ini kreatifitas Karang Taruna Unit RW 09 dalam budidaya ikan lele yang memang sangat baik. Apalagi dengan cara bioflock, kualitas ikan lelenya bisa menjadi harga jual yang lebih tinggi.

“Kami lihat cukup bagus sekali usaha Karang Taruna Desa Sindanglaya ini. Contoh usaha yang bisa diimplementasikan oleh para pelaku usaha lain. One piece one produk,” tandasnya. (Farhaan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco