Bupati Cianjur Hadiri Penyerahan SK Perhutanan Sosial oleh Presiden Jokowi

oleh
Foto: Istimewa
Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar (4 dari kiri) dengan seksama mendengarkan uraian Presiden Jokowi pada acara penyerahan SK Perhutanan sosial kepada masyarakat Jabar, termasuk masyarakat sekitar hutan dari Kabupaten Cianjur.

BANDUNG – Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadiri penyerahan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka pemanfaatan kawasan hutan negara oleh masyarakat, kepada warga Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Bandung, Majalengka, Sukabumi, dan Sumedang di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat pada Minggu kemarin (11/11/2018).

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri LHK Siti Nurbaya yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono, Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Bambang Supriyanto, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Karliansyah, Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, Agus Justianto dan Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy Mauna.

SK tersebut diberikan dalam bentuk Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) sebanyak 14 Unit SK IPHPS, seluas 2.943 hektare dan Skema Kemitraan Kehutanan (KULIN KK) sejumlah 23 Unit SK Kulin KK dengan luas 5.674 hektare, dengan akses kelola 35 tahun.

Presiden Jokowi dalam sambutannya berharap, lahan tersebut betul – betul dimanfaatkan agar lebih produktif, dengan fokus pada produk unggulan. Hal ini dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Dan dalam rangka upaya pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia,” ujar Presiden.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, program Perhutanan Sosial merupakan salah satu instrumen penting yang akan mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

“Mengurangi angka pengangguran dan upaya menurunkan tingkat kemiskinan,” tutupnya. (Ruslan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco