Ketika Bupati Cianjur Terima Piala dari Gubernur Jabar

oleh
Foto: Humas Cianjur
Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, saat menerima Piala ODF dari Gubernur Jawa Barat.

CIANJUR – Kabupaten Cianjur baru saja menjadi juara pertama Open Defecation Free (ODF), atau daerah yang telah melaksanakan stop buang air besar sembarangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Piala dan penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, di Halaman Gedung Sate Bandung. Senin (12/11/2018).

Dikutip dari Humas Cianjur, Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi atau keadaan suatu individu dalam komunitas dengan tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan kotoran/tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa.

Agar usaha tersebut berhasil, maka akses masyarakat pada jamban (sehat) harus tercapai pada seluruh komunitas. Salah satu karakteristik daerah telah ODF adalah masyarakat telah BAB hanya di jamban dan membuang kotoran anya ke jamban. Tidak terlihatnya kotoran manusia dan tidak berbau di lingkungan sekitar serta ada peningkatan kualitas jamban sehat. (Waktunews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco