Diskominfo Santik Optimalkan Cianjur Satu Data

oleh

CIANJUR – Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Santik) Kabupaten Cianjur menggelar training

Foto: Farhaan/ waktunews.com
Bimtek persiapan Cianjur Satu Data oleh Diskominfo Santik Kabupaten Cianjur dalam rangka perwujudan pelayanan keterbukaan informasi publik.

sistem informasi Cianjur satu data, untuk mempermudah akses data dari semua instansi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Cianjur melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Ikut dilibatkan dalam training tersebut perwakilan masing – masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). (15/11/2018).

Kepala Diskominfo Santik Kabupaten Cianjur Tedy Artiawan menuturkan, Bintek PPID merupakan program dari pemerintah yang bertujuan untuk mengoptimalkan dan mempromosikan kegiatan-kegiatan di daerah. Nantinya data yang terkumpul dituangkan ke dalam Cianjur Satu Data.

“Hadirnya PPID ini merupakan rujukan dari Kemenpan RB dan juga KPK dalam rangka mewujudkan keterbukaan informasi kepada publik,” tutur Tedy Artiawan.

Tedy mengatakan, dengan PPID, kedepannya akan dibuatkan promosi pembangunan-pembangunan dan prestasi yang ada di daerah. Adapun yang dikumpulkan saat ini adalah para pemegang admin Medsos dari 26 perwakilan setiap OPD.

“Kedepannya, semua kegiatan yang ada di setiap kedinasan akan di masukan oleh PPID ke dalam Cianjur satu data. Dengan begitu, kita hanya menyiapkan wadah, dan untuk pengisian data itu nantinya oleh setiap OPD masing-masing,” katanya.

Diakui Tedy, saat ini memang sering didapati kekeliruan dalam hal laporan. Seperti dalam laporan tersebut hanya foto kegiatan dan caption, ataupun data sudah ada, namun dalam penulisannya belum tepat.

“Saat ini untuk PPID itu sendiri kita masih dalam proses. Efektifnya sendiri di tahun 2019 nanti masyarakat sudah bisa mengaksesnya dengan meng klik Cianjur Satu Data,” terang Tedy.

Menurutnya, Diskominfo berharap para admin medsos perangkat daerah bisa terus mengoptimalkan Cianjur Satu Data. Saat ini memang sudah tayang namun masih dalam tahap optimalisasi.

“Dalam Cianjur Satu Data akan menayangkan hasil kegiatan ataupun raihan prestasi perangkat daerah,” paparnya.

Ditambahkannya, adapun konten dalam Cianjur Satu Data ini bersifat harian, berkala, dan perkecualian. Untuk harian, informasi akan diperbaharui secara update, sedangkan berkala, sifat informasinya diperbaharui dalam rentang waktu.

“Untuk perkecualian, itu hanya konsumsi internal unsur pemerintahan saja,” imbuhnya.

Lebih lanjut Tedy menjelaskan, Subdomain pemda Cianjur merupakan utama dan kecamatan merupakan pembantu. Sehingga nantinya program di desa bisa link dengan kecamatan.

“Ini demi keterbukaan informasi publik. Kami mengadakan Bimtek seperti ini sudah tiga kali. Diharapkan Cianjur Satu Data ini bisa semakin dikenali masyarakat dan sukses,” tukasnya. (Farhan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco