Kerjasama Joko Purwanto Bersama Bapeten RI dalam Diseminasi Pengawasan Tenaga Nuklir

oleh
Foto: Farhaan Muhammad Ridwan/ waktunews.com
Anggota DPR RI Komisi VII Joko Purwanto (kanan) bersama Bapeten RI laksanakan diseminasi perencanaan program pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir demi tujuan damai.

CIANJUR – Anggota DPR RI Komisi VII Joko Purwanto bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten RI), melaksanakan diseminasi perencanaan program pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir yang dilaksanakan dihadapan 120 peserta di Desa Cikondang Kecamatan Cibeber, Sabtu (17/11).

Joko Purwanto menuturkan, secara prinsip, selama ini komunikasi dengan lembaga mitra Anggota Komisi VII terus dijalin dengan baik. Seperti saat melakukan kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, salah satunya mengenai pemanfaatan tenaga nuklir. Hal ini dilakukan supaya informasi dan ilmu bisa disampaikan secara utuh.

“Saat ini pemanfaatan tenaga nuklir sebagai sumber energi dalam kehidupan sehari – hari semakin luas. Baik di sektor industri, kesehatan, pertanian, tenaga pembangkit listrik, dan lainnya,” tutur politisi PPP ini menerangkan.

Joko Purwanto memaparkan, melalui diseminasi pemanfaatan tenaga nuklir seperti ini, informasi yang diterima masyarakat bisa lebih jelas. Pemanfaatan energi nuklir ini pun perlu mendapatkan pengawasan dari pemerintah agar dalam prakteknya, dampak negatif tenaga nuklir ini tidak membahayakan masyarakaf dan lingkungan sekitar. Karena dampak pemanfaatan tenaga nuklir tersebut bisa berakibat kematian, cacat, cedera atau sakit, kerusakan harta benda, pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup akibat adanya radiasi.

“Respon masyarakat sangatlah baik,” paparnya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Bapeten RI Abdul Qohhar Teguh Eko Prasetyo MT menjelaskan, upaya desiminasi ini dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat tentang Bapeten dalam bidang pengawasan terhadap pemanfaatan tenaga nuklir. Ini dilakukan agar dapat dipahami secara luas, tepat dan proporsional.

“Selama ini pemanfaatan teknologi nuklir ini masih belum dipahami masyarakat, sehingga harus terus disosialisasikan. Maka dari itu, Bapeten hadir melakukan pengawasan,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini pemanfaatan nuklir di Indonesia sudah digunakan dalam berbagai bidang seperti dalam kesehatan pada fasilitas roentgen dan radio terapi untuk penyakit kanker. Selain itu, banyak sekali manfaat nuklir ini dalam kehidupan sehari – hari.

“Harapan kami masyarakat tidak takut dengan nuklir, karena dengan desiminasi tidak berhubungan dengan bom. Pemanfaatan energi nuklir ini dengan tujuan damai dan bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari,” pungkasnya. (Farhaan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco