Bawaslu Cianjur Apresiasi Deklarasi Pemilu Damai Kecamatan Sukaresmi

oleh
Foto: Farhaan/ waktunews.com
Unsur Muspika Sukaresmi Kabupaten Cianjur berhasil melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai yang disaksikan oleh Bawaslu Cianjur. Hal ini dilakukan demi menjaga lancarnya proses demokratisasi ditengah masyarakat menjelang Pileg dan Pilpres Tahun 2019 mendatang.

SUKARESMI – Unsur Muspika Sukaresmi dan Cipanas bersama Panwas Sukaresmi dan Cipanas menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2019 yang dihadiri oleh Camat, Kades, serta unsur terkait di dalamnya, dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Kapolsek Sukaresmi Kompol Said Azhari mengatakan, deklarasi damai ini bertujuan untuk menyamakan persepsi, menciptakan suasana damai dan sejuk, dengan tujuan sama meskipun berbeda pilihan.

“Seluruh Kecamatan yang ada di Utara Cianjur ini menjadi salah satu perhatian dari pimpinan. Sebabnya, sepertiga penduduk Kabupaten Cianjur ini berada di Kecamatan Pacet, Cipanas, Sukaresmi,” paparnya setelah acara, Kamis (22/11).

Dalam kesempatan itu, Said Azhari juga mengimbau agar masyarakat Sukaresmi khususnya, umumnya masyarakat Cianjur, agar tidak terpancing isu-isu yang tidak benar yang bisa membuat suasana menjadi panas.

“Kalau timbul permasalahan, selesaikan dengan suasana dingin, jangan ada yang memperuncing masalah. Suasana damai ini tentu membutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat,” pesannya.

Selain itu, lanjut Said, pihaknya sudah membentuk dan mempersiapkan 20 personil yang akan mengamankan Pemilu di Kecamatan Sukaresmi. Hal ini belum termasuk personil bantuan dari Polres Cianjur.

Said menambahkan, acara ini diharapkan dapat mengedukasi pentingnya pemilu yang damai dan berkualitas dan untuk menjalin sinergitas antara Polri, TNI, pemerintah kecamatan, perangkat desa serta masyarakat umum.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Cianjur Tatang Sumarna menjelaskan, Deklarasi Pemilu Damai yang diinisiasi unsur Muspika Cipanas dan sukaresmi ini sebagai motivasi untuk mensukseskan terselenggaranya Pemilu yang damai.

“Tentunya ini tak lepas dari pengawasan dan komitmen semua lapisa  masyarakat. Maka dari itu, mari kita bersama sama ikut mengawasi tahapan Pemilu agar sesuai dengan aturan yang ada, sehingga tercipta pemilu yang damai,” paparnya.

Tatang menyampaikan, usai Deklarasi Pemilu Damai, pihaknya menyampaikan materi mengenai pentingnya partisipasi semua lapisan masyarakat untuk bersama – sama fokus melaksanakan pengawasan pemilu. Adapun yang disampaikan kepada masyarakat yakni regulasi Pemilu, hingga penyampaian tata aturan pelaksanaan kampanye 5 bulan kedepan.

“Mekanisme dan larangan dalam pemilu, kami sampaikan kepada masyarakat. Diharapkan ini bisa bermanfaat, dan menciptakan pemilu yang sukaes dan damai,” pungkasnya.  (Farhan Muhammad Ridwan/ Ruslan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco