DPPTPH Cianjur Fasilitasi Bimtek Kentang dari Puslitbang Kementan RI

oleh
Foto: Ruslan Ependi/ waktunews.com
Kabid Holtikultura pada DPPTPH Cianjur U. Supriatna Hasan memfasilitasi Bimtek Kentang yang dilaksanakan oleh Puslitbang Holtikultura Kementan RI dan Balitsa Lembang untuk meningkatkan produksi kentang petani Cianjur.

CIANJUR – Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kementrian Pertanian (Kementan) RI disertai Balitsa Lembang dan difasilitasi oleh Dinas Pertanian Perkebunan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPPTPH) Kabupaten Cianjur, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kentang bertempat di Saung Pertemuan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Gede Harapan Desa Gekbrtong Kecamatan Gekbrong, Cianjur. (27/11/2018).

Kepala Bidang (Kabid) Holtikultura pada DPPTPH Kabupaten Cianjur U. Supriatna Hasan memamarkan, selain dari pejabat Puslitbang Kementan RI dan pejabat dari DPPTPH Cianjur, hadir pula pada kesempatan tersebut para Kepada UPTD dari Pacet, Warungkondang serta kepala UPTD Campaka. Dan sebagai sasaran dari Bimtek itu, yakni para pengurus dari 9 Gapoktan dari Kabupaten Cianjur seperti Kelompok Tani Giri Mukti, Mitra Tani VII, Babakan Salam, Gede Harapan, Giri Jaya, Karya Jaya, Baru Kusumah, Kayu Manis dan Sukatani.

“Semua peserta tersebut disertai juga oleh petugas lapangan di desa atau kecamatan masing-masing,” ujar pria yang akrab disapa Bah Hasan ini memaparkan.

Kabid Holtikultura menjelaskan, maksud serta tujuan dari Puslitbang Kementan RI dan DPPTPH melaksanakan Bimtek Kentang ini adalah untuk meningkatkan kemampuan petani Cianjur dalam usaha budidaya tanaman kentang.

“Diharapkan nantinya produksi kentang kita lebih meningkat,” jelas Bah Hasan.

Menurutnya, selama ini produksi pertanian komoditi kentang kabupaten Cianjur masih mengandalkan dari petani yang berada di Kecamatan Takokak, campaka Mulya, Campaka, Naringgul, Gekbrong, Warungkondang, Cipanas, Cugenang dan Pacet.

“Jenis yang ditanam atau dibudidayakan yaitu kentang Genolla karena banyak peminatnya,” katanya.

Sedangkan volume produksi kentang pertahun Cianjur dari wilayah tersebut, lanjut Bah Hasan, sebesar 870 ton untuk memenuhi kebututuhan masyarakat sehari – hari. Sementara pemenuhan untuk kebutuhan menjelang hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri sebesar 378 ton.

“Dengan Bimtek ini, mudah – mudahan ada peningkatan. Hasilnya, bukan saja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Cianjur saja, tapi lebih dari itu kita mengharapkan Cianjur menjadi terunggul dalam bidang budidaya kentang. Sesuai dengan Jargon Cianjur Jago dari Pak Bupati itu,” pungkas Bah Hasan bernada optimis. (Ruslan Ependi)

One thought on “DPPTPH Cianjur Fasilitasi Bimtek Kentang dari Puslitbang Kementan RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco