Sarana Air Bersih Tirta Suryakencana Aliri Warga Cimacan

oleh
Foto: Farhaan/ waktunews.com
Lokasi fasilitas pengelolaan air bersih oleh Bumdes Cimacan Maju, menjamin kualitasnya hingga sampai ke masyarakat dalam bentuk yang sudah siap konsumsi.

CIPANAS – Pemerintah Desa (Pemdes) Cimacan Kecamatan Cipanas terus memaksimalkan keberadaan sarana air bersih Tirta Suryakencana di Kampung Rarahan RT 5/8 yang saat ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Cimacan Maju. (29/11/2018).

Kepala Desa (Kades) Cimacan Dadan Supriatna menjelaskan, pembuatan sarana air bersih ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tersedianya air bersih. Khususnya, di wilayah 3 Kedusunan, yaitu di Dusun Cimacan, Rarahan dan Singabarong. Sehingga dalam teknis pelaksanaan dan pengelolaanya, sudah ditentukan titik sumber bahan baku air bersih, lalu dikelola oleh rumah produksi air bersih.

“Alhamdulillah setelah berjalan, sumber air bisa surplus. Kami percayakan untuk pemasukan serta pengelolaannya oleh Bumdes Cimacan Maju,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk sumber bahan baku air bersih berasal dari Gunung Gede Pangrango di sekitar Kebun Raya Cibodas. Selanjutnya bahan baku air bersih tersebut masuk dan diolah di rumah produksi, kemudian disalurkan ke rumah warga dengan kualitas air yang sudah siap untuk dikonsumsi.

“Dari pengelolaan hingga distribusi sarana air bersih ini, diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat Desa Cimacan dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Terutamanya disaat musim kemarau tiba,” katanya.

Menurutnya, selain pemanfaatan air bersih Bumdes Cimacan pun membuka layanan jasa pembayaaran rekening listrik, BJPS kesehatan, dan lainnya. Diharapkan keberadaan BUMdes Cimacan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat. (Farhan Muhammad Ridwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco