Kuasa Hukum Korban Sutet dan Aktivis Protes Penundaan Pembacaan Putusan Hakim

oleh
Foto: Ruslan Ependi/ waktunews.com.
Kuasa Hukum keluarga korban sengatan listrik tegangan tinggi yang berakibat putusnya satu tangan Nanda (12) Oden Muharam Junaedi, SH menyayangkan diundurnya Sidang Pembacaan Putusan oleh Majlis Hakim Pengadilan Negri Cianjur.

CIANJUR – Pihak kuasa hukum keluarga Nanda (13) yang mengalami cacat seumur hidup akibat sengatan listrik Sutet nyatakan protes keras atas ditundanya agenda pembacaan putusan atas gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) yang dilakukan oleh pihak PLN Persero Cabang Cianjur. (9/01/2019).

Kuasa hukum keluarga korban, Oden Muharam Junaedi, SH menyatakan, seharusnya majelis hakim yang menangani gugatan PMH ini mempunyai komitmen baik dalam  menyelesaikan sidang atas gugatan PMH ini .

“Dalam persidangan memang suka terjadi hal seperti ini. Akan tetapi dalam mengundurkan agenda sidang harus dengan alasan yang tepat dan jelas,” katanya.

Pihaknya berharap, Majelis Hakim bisa memutuskan perkara ini dengan seadil-adilnya, berpihak pada kebenaran yang etis atas dasar nurani, serta sensitif terhadap korban kelalian dari pihak perusahaan PT. PLN persero cq PLN Cabang Cianjur.

Fakta materil dalam persidangan sudah kita  sampaikan sesuai dengan jadwal sidang yang telah disepakati dalam persidangan,” ujar pengacara yang juga mantan Ketua LBH Cianjur ini.

Menurut Oden, dengan adanya penundaan atau pengunduran sidang pembacaan putusan tersebut, pihak klien yang diwakilinya merasa sangat kecewa. Khususnya korban yang telah lama menunggu kepastian hukum terkait masa depannya.

“Pihak keluarga korban selama ini terus mengeluarkan biaya pengobatan untuk saudari Nanda yang masih bersusia 12 tahun tersebut,” ujarnya.

Oden lalu menegaskan, berdasarkan hal tersebut pihaknya mendesak kepada Majelis Hakim agar pada Hari Rabu Tanggal 16 Januari mendatang, untuk tidak lagi mengundurkan agenda pembacaan putusan atas permasalah yang ditanganinya.

“Kami harap putusannya sesuai dengan bukti materil, dan sesuai dengan hati nurani serta keyakinan para Majelis Hakim agar tidak merugikan masyarakat pencari keadilan,” tegas Oden dengan raut muka serius.

Sedangkan Bagian Humas Pengadilan Negri Cianjur Herlinawati menjelaskan kepada awak media, sidang lanjutan anak tersengat Listrik ditunda dikarenakan Majelis Hakim ada halangan hadir dalam persidangan.
“Jadi kalau kita paksakan, putusannya tidak sah di bacakan,” jelas Herlinawati.

Menurutnya, pihak Pengadilan Negri Cianjur tidak hanya mempertimbangkan secara fisik. Segala aspek formil maupun materil itulah yang menjadi pertimbangannya.

“Apakah itu bisa dikabulkan atau tidak. Misalnya ini salah, ini gak salah, tidak seperti itu,” tukasnya.

Foto: Ruslan Ependi/ waktunews.com
Deni Sunarya, SH dan rekan sesama aktivis bertekad akan mengawal tuntas kasus kelalaian PLN Cianjur yang tidak membungkus kabel beraliran listrik tegangan tinggi hingga membuat cacat seumur hidup seorang anak bernama Nanda.

Sementera para aktivis yang selama ini mendampingi keluaraga korban, diwakili oleh Deni Sunarya, SH alias Mang Gawel menyayangkan penundaan pembacaan putusan ini. Padahal persidangan kasus Nanda yang cacat seumur hidup akibat sengatan tegangan tinggi dari kabel yang tidak terbungkus oleh PLN Cianjur sudah berlangsung lama. Bahkan hingga memakan waktu berbulan-bulan.

“Kasihan keluarga korban. Kok bisa sampai begini lama ? PN Cianjur ini profesional tidak sih ?” ujar Mang Gawel mempertanyakan.

Mang Gawel memaparkan, Nanda, anak yang menjadi korban sengatan listrik tegangan tinggi hingga menyebabkan tangannya putus, secara kejiwan mengalami guncangan hebat. Korban tidak mau lagi sekolah, apalagi bergaul dengan teman sebayanya karena merasa minder dan selalu dilecehkan.

“Bagi kami, korban adalah ada bukti dari kelalaian PLN yang membungkus kabel berarus tegangan tinggi. Kami minta tegakan keadilan, yang sebenar-benarnya adil. kami akan kawal persoalan ini sampai tetes darah penghabisan,” pungkasnya dengan nada yang begitu jengkel. (Ruslan Ependi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco