Catat! Inilah Fungsi Tulang dan Otot pada Manusia

Published by admin on

Berbagai fungsi tulang dan otot pada manusia sangat baik untuk tubuh. Tentu tidak hanya satu fungsi dari keberadaan tulang dan otot yang ada pada manusia.

Semua fungsi sangat berkontribusi baik untuk tubuh manusia. Tidak hanya sebagai pengatur gerak, ada banyak manfaat lain dari tulang dan otot untuk tubuh.

 

Fungsi Tulang dan Otot pada Manusia

Tulang dan otot memiliki fungsi yang berkontribusi untuk kerangka tubuh. Selain itu, sangat baik untuk beberapa sistem lainnya.

Supaya lebih mengenal fungsinya, berikut 4 fungsi tulang dan otot pada manusia yang perlu Anda ketahui.

Penopang Tubuh yang Kokoh

Tubuh yang bisa berdiri dengan sempurna adalah akibat dari adanya tulang di dalam tubuh. Ini menjadi fungsi utama tulang yaitu sebagai penopang.

Beberapa masalah tulang seringkali membuat penderitanya tidak bisa berdiri dengan baik. 

Akibat kepadatannya, tulang menjadi kerangka yang mampu menopang bagian tubuh lainnya.

Pelindung Organ dalam Tubuh

Selain sebagai penopang, tulang juga menjadi pelindung organ tubuh bagian dalam. Organ yang terlindungi ini membuatnya lebih baik dalam melakukan fungsinya.

Tulang menjadi benteng pada organ tubuh dalam. Tidak bisa dibayangkan jika manusia hidup tanpa tulang.

Berperan dalam Kemampuan Pengendali Sirkulasi Darah

Tulang, dalam fungsinya diikat oleh otot yang memiliki fungsi tidak kalah penting. Salah satu fungsi utamanya adalah sebagai pengendali sirkulasi darah.

Tidak heran jika otot sering digambarkan dengan warna merah darah. Hal ini karena fungsinya tadi, sebagai pengendali sirkulasi darah.

Pengatur Suhu Tubuh

Tubuh memiliki suhu normal 37 derajat celcius. Kestabilan suhu ini ditengarai atas kontribusi otot.

Otot memiliki sistem yang baik untuk mengatur suhu tubuh pada manusia. Sehingga suhu tubuh normal manusia akan dipertahankan oleh otot.

Pada dasarnya, otot dan tulang saling memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Keduanya memiliki peran yang sangat penting. 

Fungsi tulang dan otot pada manusia yang telah diketahui di atas bisa memberikan informasi tambahan untuk Anda tentang tubuh manusia. Ternyata hampir semua bagian tubuh manusia memiliki fungsinya, ya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *