Jangan Bingung, Ini Yang Harus Bunda Perhatikan dan Persiapkan Pada Kehamilan Pertama

Published by admin on

Perasaan bahagia tentu menyelimuti ketika Bunda dinyatakan positif hamil, apalagi untuk kehamilan pertama. Wajar, jika rasa cemas dan bingung juga muncul karena ini merupakan pengalaman pertama dalam hidup. Bunda bisa mulai mencari dokter kandungan Jakarta yang terbaik untuk kontrol kehamilan secara rutin. Tentunya, dengan bantuan dokter terbaik, Bunda berharap agar kehamilan pertama ini dapat berjalan dengan baik dan bayi dalam kandungan tumbuh sehat dan sempurna. Namun ternyata, tak hanya itu saja yang harus dipersiapkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kehamilan yang baik dapat terwujud. Simak ulasannya pada artikel berikut

 

  1. Siapkan Tabungan Persalinan

Sama halnya ketika memiliki perencanaan lainnya, Bunda dan Ayah perlu membuat tabungan khusus untuk melahirkan. Ini bisa disiapkan dari awal kehamilan atau sebelum mengetahui kabar bahagia ini. Bunda dan Ayah bisa menabung membuat tabungan khusus. Mulailah dari nominal terkecil, misalnya masing-masing Rp20.000 per hari (Rp40.000 sehari), jika dilakukan secara konsisten, maka saat menginjak di usia kandungan 7 bulan, tabungan yang sudah dimiliki sudah mendekati 8 juta. Jadi, ketika sudah waktunya, Bunda dan Ayah tinggal menambahkan kekurangannya.

 

  1. Siapkan Asuransi Kesehatan Yang Mendukung Kehamilan Bunda

Salah satu hal penting yang Bunda dan Ayah harus persiapkan ketika mengetahui kehamilan adalah mendaftarkan diri pada asuransi kesehatan yang mendukung perawatan kehamilan Bunda. Meski Bunda dan Ayah sudah melakukan hal-hal yang terbaik dan berpikir positif bahwa segalanya akan baik-baik saja, tidak ada salahnya jika menyiapkan solusi dari kemungkinan negatif yang nantinya bisa mempengaruhi kesehatan Bunda dan kandungan. Selain terbantu dari segi biaya, Bunda dan bayi pun akan mendapatkan penanganan yang terbaik.

 

  1. Menentukan Makanan Sehat Sesuai Kebutuhan

Selama masa kehamilan, kesehatan Bunda dan bayi adalah yang utama. Sebab itu penting untuk memperhatikan dan menjaga jenis makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan pedas dan minuman yang bersoda, jika Bunda senang dengan kopi, Bunda bisa berhenti dulu selama masa kehamilan. Perbanyak buah dan sayur, dan juga minum air putih yang banyak. Pastikan Bunda mengonsumsi makanan sesuai dengan rekomendasi dari dokter kandungannya, ya!

  1. Lakukan Olahraga dan Hindari Stress

Meski hamil, olahraga tetap dilakukan ya, Bunda. Umumnya, olahraga yang dianjurkan untuk Ibu hamil di trimester satu adalah berjalan, berenang, atau yoga khusus Ibu hamil. Sempatkan waktu sekitar 20-30 menit sehari untuk melakukan olahraga ini, ya, agar kebugaran tubuh terjaga dan mendukung kesehatan janin. Oh ya, lakukan juga hal-hal yang Bunda senangi dan hindari stres. Karena bisa berefek juga pada janin. Jadi, bahagia terus ya, Bunda.

 

  1. Konsumsi Vitamin

Bunda disarankan mengkonsumsi vitamin untuk mendukung masa kehamilan yang baik. Jika Bunda sudah berkonsultasi dengan dokter kandungan, biasanya Bunda akan mendapatkan vitamin yang mengandung asam folat. Mengonsumsi asam folat sangat penting untuk menekan risiko cacat lahir dan kelainan tulang belakang. Selain asam folat, Ibu hamil juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin D minimal 2000 IU per hari. Bunda perlu menambahkan suplemen tambahan untuk mendapatkan vitamin yang tidak bisa didapatkan dari makanan.

 

Jangan lupa untuk menjaga jam istirahat dengan baik dan atur jadwal kegiatan Bunda kembali agar tidak terlalu kelelahan nantinya. Good luck, Bunda!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.