Jika Alami Anemia Serta Penurunan Berat Badan, Segera Periksakan! Bisa Jadi Itu Gejala Kanker Tulang

Saat mengalami anemia, kepala kerap terasa pusing. Selain itu tubuh merasa cepat lelah dan kulit tampak pucat. Disertai detak jantung yang terasa lebih cepat. Hal ini dikarenakan tubuh mengalami kehilangan darah merah.

Biasanya, saat anemia terjadi pasti disarankan untuk konsumsi obat penambah darah. Hanya saja, terkadang anemia nyatanya tidak sekadar karena kekurangan darah merah. Jika anemia disertai oleh penurunan berat badan secara signifikan, perlu waspada. Bisa jadi itu Osteosarcoma atau kanker tulang

Hal ini diungkapkan oleh dr Sigit Daru Cahayadi, Sp. OT (K). Karena, anemia juga merupakan gejala dari datangnya penyakit osteosarcoma. Osteosarcoma merupakan kanker tulang yang terjadi dimulai dari sel sel pembentuk tulang. Dampak dari penyakit kanker tulang ini adalah tidak bebas bergerak, bahkan hingga mengalami patah tulang tanpa alasan yang jelas.

Menurut dr Sigit, anemia adalah satu gejala atau tanda jika tulang terkena osteosarcoma. Semua darah yang masuk di dalam tubuh akan terserap oleh tumor tersebut. "Ibaratnya seperti drakula. Semua darah yang masuk ke dalam tubuh pasien akan terserap di tumor. Tumor akan bertambah besar mendapatkan konsumsi dari darah. Maka diperiksa Hemoglobin (Hb) akan turun," katanya dalam live streaming Radio Kesehatan, Kamis (15/4/2021). Memang agak sulit membedakan anemia biasa dengan anemia tanda osteosarcoma. Namun menurut pemaparan dr Sigit, secara fisik akan kelihatan. Misalnya, ada pembesaran atau nyeri pada tulang yang terkena tumor.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *