Rilis Fitur Baru, Spotify Permudah Pengguna Berkebutuhan Khusus Gunakan Layanannya

Spotify akan melakukan pembaruan serta penambahan fitur baru pada layanan streaming musiknya. Kali ini, pembaruan dan fitur baru disematkan untuk memudahkan pengguna berkebutuhan khusus menikmati musik dan podcast di Spotify. Seperti yang kita tahu bahwa orang berkebutuhan khusus sedikit lebih susah untuk mendengarkan musik dan membaca lirik.

Terlebih platform streaming musik kebanyakan tidak menyediakan fitur khusus untuk membantu pengguna berkebutuhan khusus. Fitur platform streaming musik masih ditujukan untuk orang dengan kemampuan pendengaran dan penglihatan baik. Namun untuk yang memiliki gangguan pendengaran dan penglihatan, belum ada platform yang memudahkan mereka untuk mengakses musik dan lirik.

Untungnya, Spotify bakal meluncurkan fitur baru untuk memberikan kemudahan untuk menikmati musik dan lirik lagu kepada pengguna yang memiliki keterbatasan dalam pendengaran dan penglihatan. Nantinya, fitur baru Spotify untuk membantu pengguna berkebutuhan khusus ini masih berhubungan dengan fitur podcast khusus untuk pengguna yang memiliki keterbatasan mendengar dan melihat. Melansir dari , fitur Spotify teranyar akan disematkan di iOS. Sayang belum ada kabar apakah aplikasi di Android akan mendapatkan pembaruan fitur terbaru atau tidak.

Lantas, seperti apakah bentuk fitur baru Spotify yang akan memudahkan pengguna berkebutuhan khusus mendengarkan lagu atau podcast serta membaca lirik dan transkrip percakapan? Spotify mengungkapkan bahwa pengembangan fitur terbarunya ini sehubungan dengan keinginan mereka menjangkau lebih banyak pengguna. Di samping itu, layanan streaming musik ini tidak ingin membatasi siapa saja penggunanya, terlepas dari kebutuhan khusus yang pengguna butuhkan.

Oleh karena itu, Spotify merancang sebuah fitur yang untuk memudahkan pengguna berkebutuhan khusus mengakses musik dan podcast nya. Spotify berharap layanannya bisa menjangkau setiap orang tanpa ada keterbatasan. Fitur barunya yang dapat membantu pengguna berkebutuhan khusus adalah teks yang dihadirkan dengan ukuran besar.

Dengan teks yang besar, pengguna berkebutuhan khusus bisa membaca teks lagu maupun podcast secara lebih jelas. Di samping itu, Spotify pun menambahkan transkrip podcast yang akan muncul secara otomatis agar pengguna dengan keterbatasan pendengaran bisa membaca teks tersebut. Namun tidak semua podcast akan ada transkripnya. Hanya podcast Spotify Originals dan Spotify Exclusive saja yang akan disematkan fitur baru transkrip tersebut.

Nantinya, transkrip podcast Spotify Exclusive dan Originals bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna. Misalnya memotong bagian suara untuk pengguna berkebutuhan khusus. Jadi yang muncul hanyalah transkrip tanpa audio. Jika respons pengguna baik, maka Spotify akan menyematkan fitur baru ini untuk seluruh podcast yang ada di dalam layanannya. Tidak terbatas lagi pada podcast Originals dan Exclusive saja.

Bukan tidak mungkin jika fitur tersebut bisa segera dinikmati oleh pengguna Android, mengingat permintaan untuk memperbesar ukuran teks lirik dan transkrip berasal dari komunitas dan pengguna Spotify Android. Yuk, kita tunggu saja pembaruan fitur dari Spotify ini! (*) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *